Rabu, 23 Desember 2020

Komponen dan Jenis Jenis Hardisk Saat Ini

komponen komponen pembentuk hardisk
komponen komponen pembentuk hardisk


Melanjutkan dari artikel yang sebelumnya membahas tentang pengertian hardisk beserta fungsinya. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah hardisk dan juga jenis-jenis hard disk yang ada pada saat ini.

Perangkat keras hardisk, baik itu hardisk eksternal maupun internal, pastinya memiliki komponen-komponen penting yang disatukan didalamnya, hingga menjadi sebuah hardisk utuh.

Komponen Komponen Pembentuk Hardisk

chassing hard disk
chassing hard disk


  1. Chassis

Komponen pendukung pertama sebuah hardisk adalah chassisChassis ini berfungsi sebagai wadah atau tubuh yang digunakan untuk menutupi semua komponen hardisk yang nantinya akan dirakit. Semua komponen-komponen hardisk yang lainnya, akan dirakit menjadi satu lalu diletakan atau disimpan didalam sebuah chassis untuk melindungi komponen-komponen hardisk yang sudah dirakit tersebut.

 

air filter hard disk
air filter hard disk


  1. Filter

Filter atau saringan ini menjadi komponen utama yang penting dalam sebuah hardisk. Filter ini berguna untuk menyaring debu yang masuk kedalam space hardisk. Debu yang masuk kedalam hardisk ini sangat berbahaya sekali jika tidak disaring oleh filter karena dapat menggangu kinerja dari hardisk hingga merusak hardisk tersebut.

 

platter hard disk
platter hard disk


  1. Platter

Platter atau yang lebih dikenal oleh kita adalah piringan Hardisk. Piringan HDD ini berbentuk seperti sebuah piringan kecil yang tipis dan dilapisi dengan medan yang bermagnet. Piringan dalam hardisik ini digunakan sebagai tempat penyimpanan data-data yang kalian simpan di PC/Laptop milik kalian. Platter atau piringan hardisk ini memiliki beberapa komponen sekunder didalamnya, yaitu clustertracksector, dan cylinder. Piringan pada HDD ini selalu berputar ketika PC/Laptop dinyalahkan, piringan HDD ini dapat berputar karena bantuan motor drive servoPlatter ini sangat sensitif sekali terhadap debu apalagi udara.

Platter ini dipasang dan disimpan pada bagian HDD agar kedap udara. Jika udara sedikit saja masuk, maka besar kemungkinan HDD kalian akan mengalami Bad Sector atau rusak permanent.

 

motor drive servo hard disk
motor drive servo hard disk


  1. Motor Drive Servo

Motor drive pada hardisk juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi dari motor drive ini adalah untuk menggerakan piringan/platter pada hardisk. Motor drive servo ini juga berperang penting dalam mengatur kecepatan putar dari sebuah piringan atau platter dalam hardisk. Satuan kecepatan putar dalam sebuah HDD ini disebut dengan RPM.

 

  1. Access Arm

Access arm berfungsi untuk memegang dan juga menggerakkan komponen read write head (RWH) ke seluruh permukaan platter pada hardisk.

 

  1. Read-Write Head

Read-write head (RWH) adalah sebuah komponen atau mekanisme yang bertugas dan berfungsi untuk menulis dan membaca data dari platter atau ke platter. RWH ini juga berfungsi untuk mengubah signal magnetik menjadi signal digit agar dapat dibaca oleh PC.

 

  1. Aktuator

Dalam sebuah hardisk biasanya terdapat 2 buah magnet didalamnya, yaitu magnet buatan dan magnet permanen. Kedua magnet tersebut berfungsi dan bertugas untuk mengatur kecepatan pergerakan RWH atau read write head dalam membaca ataupun menulis data.

 

  1. Head Controller

Head controller dalam hardisk bertugas untuk mengendalikan RWH agar dapat membaca dan juga menulis data dengan baik. Fungsi lain dari komponen ini adalah untuk memperkuat sinyal yang diterima maupun dikirim dari RWH atau read write head tersebut.

 

  1. Board

Board  merupakan sebuah komponen sirkuit elektronik dalam hardisk yang berfungsi untuk mengatur kinerja dari hardisk itu sendiri. Selain itu, fungsi lain dari komponen board ini adalah memeriksa atau mendeteksi konfigurasi yang sedang berjalan pada hardisk.

Sistem ini juga bertugas untuk mengatur lalu lintas keluar masuknya data dari motherboard pada PC/Laptop.

 

  1. Disc Controller

Komponen bernama disc controller ini berfungsi sebagai pengontrol dari semua elemen yang berada di dalam hardisk. Selain itu, disc controller ini juga berfungsi sebagai penghubung antar eleman yang berada didalam disk atau platter.

 

Jenis-Jenis Hardisk Yang Ada Pada Saat Ini

Informasi berikutnya berkaitan dengan jenis-jenis HD yang dapat kalian temukan dan beli di toko komputer maupun toko onlie yang saat ini banyak bertebaran.

  1. Hardisk Biasa atau Konvensional

Hardisk konvensional ini merupakan jenis hardisk atau tempat penyimpanan data PC/Laptop yang paling umum dan sering digunakan. Kalian dapat menemukannya dengan mudah ditoko komputer ataupun toko online dengan kapasitas ukuran serta brand yang berbeda-beda. Hardisk atau HDD konvensional ini masih menggunakan piringan cakram atau platter sebagai media untum menulis dan juga membaca data.

Kelemahan dari HDD konvensional ini terletak pada dayatahannya. Hal itu dikarenakan, tiap bekerja HDD ini akan memutar piringannya untuk membaca ataupun menulis data. Semakin lama umur sebuah HDD maka performanya juga dapat ikut turun, termasuk dalam membaca maupun menulis sebuah data.

Kelebihan dari HDD konvensional ini adalah harganya yang murah dan cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis penyimpanan data yang lainnya. Selain itu, HDD konvensional ini juga sangat mudah untuk ditemukan dipasaran, baik itu seri lama maupun yang baru. Tergantung dari toko atau tempat Anda membelinya.

Hdd konvensional ini juga memiliki banyak sekali brand-brand pengembannya. Sehingga hdd konvensional saat ini tersedia dalam berbagai macam kapasitas ukuran dan juga brandnya. Sehingga kalian dapat membeli hdd konvensional ini, sesuai dengan kebutuhan kalian.

 

  1. Solid State Drive (SSD)

Jenis tempat penyimpanan data permanent yang kedua dan sangat populer digunakan oleh masyarakat luas pada saat ini adalah SSD atau solid state drive. Dari segi arsitektur komponen, SSD ini tidak menggunakan media piringan cakram atau platter seperti HDD konvensional.

SSD ini menggunakna sebuah chip yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data user. Dari segi fungsi, SSD ini hampir mirik dengan usb flask drive.

Dari segi popularitas, SSD ini terbilang banyak peminatnya walaupun tidak sebanyak HDD konvensional. Terdapat banyak sekali alasan mengapa SSD ini sangat populer digunakan sebagai tempat penyimpanan data permanen saat ini. Salah satunya adalah tidak lagi menggunakan teknologi platter sebagai media penyimpanannya.

Alhasil, dari segi kinerja SSD ini tidak berisik seperti HDD. Selain itu, performa SSD dalam menulis dan membaca data ini terbilang sangat cepat dan lebih unggul dibandingkan dengan HDD konvensional. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa proses booting dan juga startup aplikasi atau software dapat berjalan dengan cepat dan lancar.

Kualitas daya tahan dari SSD ini terbilang sangat baik, karena pada dasarnya tidak menggunakan platter sebagai media penyimpanan datanya. Meskipun SSD ini memiliki banyak sekali kelebihannya, SSD ini memiliki beberapa kekurangan yang dapat membuat user yang mau menggunakannya harus berpikir dua kali.

Hal itu dikarenakan, SSD masih menjadi penyimpanan storage yang mahal. Kapasitas penyimpanan terkecil dari SSD ini saja bisa melebihi harga kapasitas penyimpanan HDD normal. Selain itu, semakin bertambah ukuran kapasitanya, harga jual dari SSD tersebutpun akan meningkat secara signifikan.

 

Seperti itulah penjelasan terkait dengan komponen-komponen yang ada pada hardisk dan juga jenis-jenis hardisk atau tempat penyimpanan data yang ada pada saat ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam mencari hardisk murah dan berkualitas yang cocok dan pas untuk PC atau laptop yang kalian miliki.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Sopan dan Baik!

Aplikasi Backup Data Terbaik Saat Ini

Aplikasi Backup Data   - Kita tidak akan pernah menduga kapan data yang kita simpan pada smartphone, sd card, hardisk, maupun penyimpanan da...