Selasa, 22 Desember 2020

Server Storage NAS (Network Attached Storage)

NAS (Network Attached Storage)
NAS (Network Attached Storage)


AA Hardisk dan NAS Storage - Di era teknologi yang terus berkembang seperti pada saat ini, kebutuhan akan sebuah perangkat penyimpanan data atau storage sangat diperlukan untuk menyimpan dan juga mem-back up data-data penting yang kita miliki secara mudah dan aman. Saat ini telah hadir sebuah perangkat penyimpanan yang dapat mengatasi masalah tersebut, perangkat tersebut bernama NAS. Apa itu NAS dan apa juga fungsinya? Sebelum kita membahas lebih detail lagi tentang teknologi NAS ini secara menyeluruh. Alangkah baiknya kita berkenalan dengan kulit luar NAS terlebih dahulu.

NAS merupakan akronim dari Network Attached Storage yaitu sebuah perangkat keras yang dapat digunakan sebagai storage atau tempat penyimpanan data, yang memiliki sistem operasinya sendiri yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan back-up dan juga sharing data secara aman dan mudah. NAS sendiri dapat kita akses secara langsung melalui jaringan dengan protokol seperti TCP/IP . NAS ini dilengkapi dengan storage penyimpanan data berupa hard disk atau HDD, NAS ini juga memiliki perangkat lunak tersendiri yang bertugas untuk mengelola, menyimpan, dan juga back-up serta men-share file dengan mudah dan aman dalam suatu jaringan network.

Keuntungan ketika menggunakan storage NAS yang paling utama adalah kita akan diberikan kemudahan untuk mengakses dan juga mem-back-up semua data-data penting kita secara mudah dan aman. Untuk dapat menggunakan storage NAS, kita hanya perlu menghubungkannya dengan server yang kita miliki melalui jaringan hub, switch, atau router. Ketika NAS sudah dihubungkan dengan server yang kita miliki, maka kita dapat dengan mudah mengakses data yang kita miliki dimanapun dan kapanpun melalui berbagai macam perangkat yang kita miliki, asalkan perangkat yang kita gunakan tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet. Melakukan proses back up data pada storage NAS ini pun sangat mudah, karena sistem pada NAS memberikan kita fleksibilitas dalam sistem penyimpanannya dari RAID 0 hingga RAID 10, sehingga data-data yang kita miliki dapat tersimpan dan terjaga dengan aman.


NAS (Network Attached Storage)
NAS (Network Attached Storage)


Keuntungan Yang Ditawarkan NAS

  1. Lebih cepat dalam mengakses data melalui jaringan lokal atau LAN.
  2. Biaya yang perlu dikeluarkan juga sangat terjangkau, dan biaya yang perawatan sangat murah mulai dari konfigurasi hingga maintenance dapat kita lakukan sendiri.
  3. Memiliki softaware yang bersifat open source yang dapat kita unduh dan pelajari sendiri secara bebas.
  4. Dapat menyimpan file-file yang bersifat umum seperti, dokumen, video, gambar, dan lain sebagainya.
  5. Dapat dijadikan sebuah database.
  6. Dapat menyimpan dan juga menjalankan file multimedia (video, musik, gambar, dll).
  7. Dapat melakukan back-up data secara manual ataupun otomatis.
  8. Dapat berbagi file pada perangkat yang berbeda asalkan masih satu jaringan network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Sopan dan Baik!

Aplikasi Backup Data Terbaik Saat Ini

Aplikasi Backup Data   - Kita tidak akan pernah menduga kapan data yang kita simpan pada smartphone, sd card, hardisk, maupun penyimpanan da...