Senin, 21 Desember 2020

Fungsi Hard Disk Untuk PC Pada Saat Ini

Hard Disk Storage
Hard Disk Storage


AA Hardisk dan NAS Storage - Penggunaan komputer dan laptop untuk kegiatan sehari-hari pada saat ini menjadi hal yang sangat biasa. Mereka menggunakan barang-barang tersebut untuk bermacam kegiatan, seperti bermain game, bekerja, mengerjakan tugas, mencari informasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbicara tentang Komputer, PC, atau Laptop, barang tersebut memiliki berbagai macam komponen didalamnya. Salah satu contohnya adalah Hard disk, yang biasa digunakan untuk menyimpan data-data secara permanent didalam komputer/pc atau laptop.

Kita semua mengenal hard disk ini dengan sebutan HDD atau Hardisk. Nah, pada artikel ini saya akan mencoba membahas tentang pengertian dari Hardisk/HDD/Hard Disk ini berserta fungsi penting dari komponen ini untuk PC/Komputer/Laptop.

 

Pengertian Hardisk/HDD/Hard Disk

Hardisk adalah sebuah hardware yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer/pc/laptop secara permanen. Semua data-data yang berada didalam pc/komputer/laptop seperti dokumen, gambar, data sistem aplikasi, OS, game, dan lain-lain akan tersimpan didalam perangkat hardisk ini.

HDD atau hardisk menyediakan sebuah ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data. Perangkat keras ini bersifat non-volatile memory, yang artinya data-data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun pc/komputer/laptop dimatikan. HDD tentu saja berbeda dengan RAM, RAM hanya akan menyimpan data dengan ukurang tertentu saja selama sementara atau temporary. Data yang ada pada RAM akan hilang ketika komputer/laptop/pc dimatikan.

Sejak awal ditemukan, hardisk ini sudah mulai dicintai masyarakat pada waktu itu. Seiring dengan berjalannya waktu, HDD atau hardisk ini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Saat ini HDD sudah menjadi barang wajib bagi para pemilik PC atau laptop, untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Yang mana pada saat ini, kebanyakan aplikasi terutama game membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Oleh sebab itu peran HDD atau hard disk ini belum tergantikan.


Fungsi Dari Hard Disk atau HDD

Hardisk Eksternal
Hardisk Eksternal

Fungsi atau peran dari HDD ini sangat banyak sekali untuk PC ataupun Laptop. Dibawah ini adalah fungsi atau peran dari HDD itu sendiri.

  1. Tempat Menyimpan File Berbagai Macam Format

Fungsi utama dari sebuah harddisk adalah digunakan untuk menyimpan berbagai macam file milik pengguna PC/Laptop. HDD ini mampu dan dapat menyimpan berbagai macam jenis file atau format milik penggunanya dengan aman.

File atau data yang kebanyakan disimpan oleh para pengguna PC/Komputer biasanya berformat doc, mkv, mp3, dan file-file virtual yang lainnya.

 

  1. Sebagai Database Permanent

Semua orang pasti sudah tahu, jika hardisk ini digunakan untuk menyimpan data/file. Akan tetapi masih sedikit orang yang belum mengetahui jika HDD ini juga dapat digunakan sebagai media penyimanan basis data atau database. Apa itu basis data? Basi data adalah sebuah tempat penyimpana kumpulan data yang biasanya digunakan pada komputer server.

Data-data yang disimpan didalam database ini nantinya akan menjadi pusat untuk mengakses data bagi user atau client. Hal ini yang menjadi alasan mengapa HDD saat ini masih banyak digunakan sebagai media penyimpanan data-data atau informasi pada server.

 

  1. Sebagai Media Penyimpanan Aplikasi atau Software

Para pengguna PC/Laptop pastinya membutuhkan yang namanya software atau aplikasi pada perangkat yang mereka gunakan. Nah, aplikasi atau software yang diinstal pada PC/Laptop tersebut, semuanya akan tersimpan didalam HDD atau Hard Disk ini.

Hardisk mampu menyimpan aplikasi atau software yang berukuran sangat besar. Akan tetapi, hal itu semua tergantung dari kapasitas hdd yang kamu miliki. Bisa dibilang, kapasitas suatu HDD sangat berpengaruh sekali untuk menyimpan banyak data.

 

  1. Sebagai Media Untuk Mem-Back Up Data

Banyak orang yang memanfaatkan HDD ini sebagai tempat atau media penyimpanan file atau data penting mereka. Yang artinya, keamanan dan juga proses back-up data sangat penting untuk dilakukan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Back-up data ini, sangat penting untuk dilakukan guna mencegah file atau data penting milik kita hilang, terutama bagi para pekerja yang sering menggunakan komputer untuk keperluan pekerjaan mereka.

 

  1. Tempat Menyimpan Sistem Operasi

Software sistem operasi atau OS merupakan hal terpenting yang harus diinstal pertama kali ketika kita membeli atau memiliki sebuah PC atau laptop. OS yang biasa kita kenal dan gunakan adalah sistem operasi Windows. Biasanya sistem operasi membutuhkan space yang cukup besar setelah terinstall. Oleh karena itu, peran HDD sebagai media penyimpanan aplikasi ini sangat penting dan belum bisa tergantikan sepenuhnya.

 

Kurang lebih seperti itulah, pengertian dan juga fungsi dari Hardisk atau HDD yang kita gunakan selama ini. Selain dapat digunakan sebagai tempat atau media penyimpanan data pada PC/Laptop, Hardisk atau HDD ini juga dapat digunakan untuk menyimpan data-data lain pada smartphone juga loh, pada penasaran? Tunggu update terbaru dari blog ini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Sopan dan Baik!

Aplikasi Backup Data Terbaik Saat Ini

Aplikasi Backup Data   - Kita tidak akan pernah menduga kapan data yang kita simpan pada smartphone, sd card, hardisk, maupun penyimpanan da...