Selasa, 29 Desember 2020

Jenis Jenis Hardisk Lengkap Dengan Penjelasannya

Jenis Jenis Hardisk
Jenis Jenis Hardisk


Hardisk dan NAS Murah - Hardisk atau HDD merupakan salah satu hardware yang digunakan pada PC/Laptop sebagai media penyimpanan data para penggunanya secara permanen. Hardisk di temukan pertama kali oleh Reynold Jhonson pada tahun 1956. Waktu itu hard disk generasi pertama memiliki ukuran yang mencapai 2 kaki, mempunyai 50 piringan/platter, kecepatan putar piringan sebesar 1.200 rpm, dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 4,4 MB.

Peran HDD pada PC/Laptop ini sangat penting. Dengan adanya HDD ini dapat membantu kita untuk menyimpan sistem operasi, software atau aplikasi, hingga berbagai macam jenis file-file penting. Dari kalimat tersebut, kita sudah dapat mengambil kesimpulan jika HDD ini sangat penting untuk sebuah PC/Laptop.

Perkembangan HDD dari masa kemasa menghasilkan berbagai macam inovasi dan juga perkembangan yang signifikat. Hard disk yang ada pada saat ini cenderung memiliki ukurang yang sangat kecil dan juga kapasitas yang besar dibandingkan dengan saat pertama kali ditemukan. HDD yang sangat umum beredar dipasaran biasanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 250GB hingga 1TB.

 

Jenis dan Tipe Hardisk/Hard Disk


Jenis Jenis Hardisk
Jenis Jenis Hardisk

Hardisk Tipe ATA/AIDE

Hardisk tipe ATA atau Advanced Technology Attachment dan AIDE (Enhanced Integrated Electronic) adalah sebuah standart baku yang digunakan sebagai interface berbasis koneksi BUS. Hard disk jenis ini dibuat agar mampu bekerja menggunakan BUS PCI.

Kelebihan dari hard disk tipe ini adalah harganya yang murah dan relatif terjangkau. Akan tetapi, jika kalian ingin meningkatkan performa dari jenis hard disk ini, kalian setidaknya memerlukan dua atau lebiih kontroller untuk mendapat hasil performa yang maksimal dari jenis hardisk ATA/AIDE ini.

 

Hardisk Tipe SCSI

Saat ini banyak produsen hard disk yang saling berlomba-lomba untuk membuat HDD yang dapat kompatibel disegala jenis perangkat. Salah satunya adalah HDD tipe SCSI ini. HDD ini dinilai sangat kompatibel dan cocok untuk segala jenis perangkat. Hardisk tipe SCSI dinilai memiliki performa yang jauh lebih baik jika di bandingkan dengan hardisk tipe ATA/AIDE. Akan tetapi hardisk tipe SCSI ini memiliki beberapa kekurangan, seperti harga jualnya yang sangat mahal.

 

Hardisk Tipe RAID

HDD tipe RAID memiliki performa dan juga kinerja yang sangat baik dalam membaca ataupun menulis berbagai macam jenis file yang memiliki ukuran besar. Storage ini dapat bekerja dengan sangat baik, jika dilakukan overclock untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal. Harga dari hardisk tipe RAID ini tidak jauh berbeda dengan tipe SCSI, dan hardisk tipe ini sangat baik jika digunakan pada komputer personal.

 

Hardisk Tipe SATA

HDD tipe SATA atau Serial Advanced Tecnology Attachment merupakan versi interface terbaru dari tipe ATA. Keunggulan dari HDD tipe ini terletak pada memakai dua per tiga dari komponen tipe HDD ATA. HDD ini memiliki kecepatan membaca dan juga menulis file yang sangat tinggi dan lebih baik dari tipe ATA, karena dapat mengurangi latency atau delay pada saat membuka atau menulis file.

Saat melakukan proses tranfer data, hardisk jenis ini akan mengurutkan data secara pararel tanpa memakai sistem master atau slave, alhasil kabel SATA pada HDD hanya dapat dipakai untuk satu HDD saja. Hardisk jenis SATA ini terdapat 2 varian, ada HDD SATA internal dan juga ada HDD SATA eksternal.

 

SSD (Solid State Drive)

SSD ini tidak sama seperti hardisk, jenis komponen yang digunakanpun sangat berbeda dari hardisk. SSD ini memiliki kecepatan transfer data, menulis dan membaca data yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis hardisk atau storage yang lain. Dan tentu saja, harga SSD ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga hardisk yang pada umumnya. Akan tetapi, meskipun mahal kualitas dan juga performa dari SSD ini tidak akan mengecewakan para penggunanya.

Kurang lebih seperti itulah beberapa jenis hardisk yang ada pada saat ini. Mengenai harga jual, pastinya kita semua menginginkan harga hardisk murah dan berkualitas. Terus ikuti perkembangan blog ini yaa…..

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Sopan dan Baik!

Aplikasi Backup Data Terbaik Saat Ini

Aplikasi Backup Data   - Kita tidak akan pernah menduga kapan data yang kita simpan pada smartphone, sd card, hardisk, maupun penyimpanan da...